Press "Enter" to skip to content

Penyakit Katarak Serta Operasi Pengobatannya

Penyakit Katarak – Bersamaan dengan menambahnya umur, banyak penurunan yang dihadapi badan. Satu diantara masalah yang bakal menerpa kebanyakan orang bersamaan menambahnya umur yaitu menyusutnya pandangan akibat katarak. Sebagai pemecahannya, operasi katarak butuh dikerjakan, bila tak katarak bisa menyebabkan kebutaan. Bagaimana tanda-tanda bila alami katarak?, simak lebih lanjut di ulasan daysails.info kali ini, akan menjawab pula Bagaimana operasi katarak dikerjakan?

Penyakit Katarak

Penyakit Katarak

Penyebab Katarak
Katarak berlangsung karna sistem penuaan. Umum berlangsung pada lanjut usia dari mulai umur 60 tahun. Namun, katarak dapat juga menerpa pada individu umur muda. Bahkan juga, pada sebagian masalah bisa menerpa bayi. Sebagian factor yang bisa mempercepat terjadinya katarak pada mata yaitu karna kerap terserang cahaya ultraviolet, pemakaian obat-obatan yang memiliki kandungan steroid dalam periode waktu lama, pasien diabetes, peradangan atau trauma pada mata.

Tanda-tanda Katarak
Sebagian masalah pandangan sebagai tanda-tanda katarak yaitu :
Pandangan tampak kabur serta silau. Masalah pandangan ini terlebih berlangsung pada siang hari.
Di bagian tengah mata (pupil) tampak warna abu-abu atau keputihan.
Tanda-tanda ini makin lama bakal makin bertambah mengganggu.

Operasi Katarak
Untuk menangani permasalahan katarak, operasi mesti dikerjakan. Terlebih bila tanda-tanda ini sangatlah mengganggu. Bila belum mengganggu, umumnya ditunggu hingga katarak jadi masak. Pada operasi katarak, lensa di keluarkan serta ditanam dengan lensa IOL (Intraocular lens) yang dimasukkan dalam kapsul lensa.
Sebelumnya lakukan operasai katarak, sebagian bagian yang dikerjakan :
Pasien bakal di check terlebih dulu bagaimana kondisi jantung, paru serta dikerjakan kontrol laboratorium untuk tahu keadaan badan.
Bila teratur konsumsi obat-obatan, baiknya memberitahukan dokter apakah obat-obatan itu aman dikonsumsi sebelumnya operasi. Obat-obatan ingincer darah tak bisa dikonsumsi satu minggu sebelumnya operasi dikerjakan.
Untuk pasien tekanan darah tinggi atau diabetes, mesti dijaga supaya tekanan darah serta gula dalam keadaan normal.
Mengukur lensa IOL (Intra Ocular Lens), yakni lensa yang bakal ditanam sesudah sistem operasi.
Ada cara-cara tehnik operasi katarak, yakni :
Memakai pisau bedah

Langkah tersebut telah tidak sering dipakai karna luka yang dibuat cukup besar.
Memakai laser

Lensa di keluarkan dengan memakai laser. Luka condong lebih sedikit dibanding bila memakai pisau.
Mesin Phaco

Dengan tehnik ini, lensa mata tak di keluarkan utuh, tetapi dihancurkan terlebih dulu. Emulsification atau penghancuran dikerjakan dengan memakai mesin phaco. Mesin tambah energi ultrasound ini bakal membuahkan 40. 000 getaran/detik untuk menghancurkan lensa. Sesudah lensa hancur, jadi lensa di keluarkan serta dipasang intra ocular lens. Bila memakai foldable lens, luka yang diakibatkan begitu kecil, yakni sekitaran 3 mm karna lensa ini bisa dilipat hingga untuk memasukkan ke mata tak perlu sayatan yang besar.
Lensa implant ini terbuat berbahan PMA. Lensa yang ditanam tidak sama dengan lensa asli. Lensa IOL tidak bisa sesuaikan jarak pandang jauh dekat, tidak sama dengan lensa asli yang sifatnya elastis. Hingga sesudah operasi, pasien masih tetap mesti memakai kacamata dekat untuk membaca karna lensa implant ini cuma dikhususkan unutk lihat jarak jauh.

Pasien yang melakukan operasi katarak biasanya tak perlu bermalam dirumah sakit. Pandangan umumnya bakal selekasnya lebih baik selekasnya sesudah operasi. Namun, perawatan pada mata sesudah operasi butuh dikerjakan sepanjang masa pengobatan. Juga, butuh konsultasi kembali untuk tahu hasil operasi katarak itu.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *