Press "Enter" to skip to content

Charger Yang Tidak Dicabut Bikin Listrik Boros?

Kita sebagai yang milenial, kita pasti tidak bisa lepas dari benda elektronik yang namanya smartphone atau biasa di kenal juga dengan gadget. Di saat smartphone kita kehabisan baterai karena terus – terusan di pakai untuk chatting dan main game, kita tinggal mengisi ulang baterai smartphone yang kita miliki. Lalu tunggu baterainya sampai penuh, kemudian saat sudah penuh kita dapat menggunakannya kembali seperti biasanya.

Charger Bikin Listrik Boros

Charger Yang Tidak Dicabut Bikin Listrik Boros?

Kebanyakan orang pasti tidak mau ribet dan membiarkan kabel charger tetap terhubung ke stop kontak atau sumber listrik tersebut. menurut sebuah studi twentyclub.net yang dilakukan pada tahun 2012, rata – rata charger yang terhubung ke sumber listrik tanpa smartphone hanya akan menyedot daya 0,26 watt. Tetapi saat charger mengisi ulang sebuah smartphone, maka aliran listrik yang tersedot atau terpakai adalah 3,68 watt. Angka ini juga sudah di perjelas oleh hasil pengujian dengan menggunakan alat yang bernama Kill A Att. Saat menghubungkan 6 adaptor charger tanpa smartphone yang terhubung ke sumber listrik tersebut, angka penunjuk Kill A Watt hanya menunjukkan angka 0,3 watt saja.

Untuk menarik kesimpulan apakah charger yang di biarkan terhubung ke stop kontak atau sumber listrik ini akan menyebabkan boros listrik atau tidak? Coba kita hitung berapa banyak watt yang terpakai oleh charger yang di biarkan terhubung selama satu tahun.

0,3 watt x ( 24 jam * 365 hari ) = 2.628 kWh

Untuk sekedar informasi saja, tarif dasar listrik PLN pada bulan februari dan maret 2017 adalah Rp. 1.467,28,- per kWh. Jadi jika di hitung – hitung dalam setahun kita hanya perlu membayar sekitar Rp. 3.855,- saja.

baca juga: spesifikasi dan harga terbaru Nokia Edge

Nah sekarang kita sudah tau kan kalau charger yang di biarkan terhubung ke sumber listrik atau stop kontak tidak akan membuat boros listrik dan juga boros uang. Tapi kalau bisa di usahakan jangan di jadikan kebiasaan juga yaa. Karena akan di khawatirkan jika kabel charger kamu terkena tetesan air malah akan menyebabkan konsleting dan juga kesetrum. Jadi tetap berhati – hati ya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *